Solusi Gagal Update e-Faktur versi 1.0.0.46

Kegaduhan kembali terjadi hari ini, penyebabnya lagi-lagi karena error yang ditimbulkan paska update program e-faktur, dari versi sebelumnya 1.0.0.45 ke versi 1.0.0.46. Peringatan error yang banyak disampaikan oleh pengguna progam pembuat faktur online ini diantaranya "the main startup class is not valid, main method missing”. Padalah sebelumnya telah muncul kotak dialog yang menunjukkan bahwa proses update telah selesai/berhasil.
Nyatanya? untuk ukuran file update sebesar 100Mb saya rasa sangat sulit jika proses autoupdate online berjalan sukses hanya dalam hitungan menit, dilakukan serempak oleh ribuan komputer clients/wajib pajak. Masih rentan stuck atau gagal meski kondisi koneksi internet di kantor sobat sangat mumpuni.

Terlanjur update online dan error? apa solusinya? sebagian besar rekan-rekan yang membahas permasalahan update program e-faktur ini nampaknya sepakat menyarankan untuk update offline, termasuk saya. Untuk update offline sendiri terdapat dua jalan yang dapat rekan-rekan tempuh. Jalan pertama adalah jalan yang saya tempuh dan saya rekomendasikan.


Dalam penjelasan ini, saya misalkan program efaktur terinstalasi dengan alamat path folder "D:\e-faktur\"



Alternatif update offline 1



  • silahkan backup satu folder utuh e-faktur rekan, sebagai jaga-jaga saja jika terjadi salah satu bagian file program corrupt, terdelete atau sebagainya. pada contoh ini saya buat backup menjadi "D:\e-faktur-copy\". Praktis di drive "D:\" komputer rekan akan ada dua folder e-faktur.
  • selanjutnya silahkan rekan-rekan download file update e-faktur pada link berikut. Sesuaikan dengan versi bit sistem komputer rekan, awas jangan tertukar antara 32 bit atau 64 bit ya.
Download e-faktur update versi 1.0.0.46 versi 32 bit

Download e-faktur update versi 1.0.0.46 versi 64 bit
  • setelah berhasil download, ekstrak file terkompresi tersebut. rekan-rekan akan mendapati satu file ETaxInvoice.exe dan satu folder update (berisi diantaranya file ETaxInvoiceUpd.exe dan ETaxInvoiceMain.exe)
  • kemudian, silahkcan copy file ETaxInvoice.exe, ETaxInvoiceUpd.exe dan ETaxInvoiceMain.exe dan paste ke dalam folder instalasi e-faktur rekan. Dalam contoh saya, saya copy-kan ketika file tersebut ke dalam folder "D:\e-faktur\"
  • Selanjutnya silahkan jalankan file ETaxInvoice.exe dan seharusnya versi program e-faktur rekan telah terupdate ke versi terbaru dan dapat berjalan kembali normal seperti sediakala.

Alternatif update offline 2


  • backup folder db dari folder aplikasi efaktur lama
  • silahkan download program utuh e-faktur yang dapat rekan peroleh melalui link ini https://efaktur.pajak.go.id/aplikasi
  • ekstrak file hasil download, namun ingat.. jangan ditimpakan ke folder instalasi lama
  • jalankan etaxinvoice.exe di folder ekstrakan tersebut, tunggu sampai muncul form login, kemudian lanjutkan dengan menutup proram tutup, selanjutnya hapus folder db yang baru terbentuk di lokasi file exe tadi
  • mbil db dari folder aplikasi efaktur lama, efaktur bisa dijalankan lagi dengan normal.
  • update Referensi Sertifikat jika perlu.


Peringatan bagi yang menempuh alternatif update offline ke-2 di atas, khususnya bagi yang meletakkan folder efaktur di C:\program files\. Jangan lupa untuk Merger folder db di C:\programfiles\ dengan yang di C:\users\[nama user]\appdata\local\virtualstore\program files\, kemudian baru dibackup folder db-nya, baru lanjutkan langkah no 2.

demikian sharing dari saya, semoga masalah gagal update yang terjadi hari ini dan mungkin beberapa hari ke depan bagi sebagian besar PKP dapat segera selesai ya...

Kami tunggu kontribusi rekan-rekan di forum tercinta http://tanyajawabpajak.com

Subscribe to receive free email updates:

26 Responses to "Solusi Gagal Update e-Faktur versi 1.0.0.46"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, sudah bisa, ternyata mesti download yg 32 bit. thanks

      Hapus
  2. Alhamdulillah.. terima kasih bnk sgt membantu.. sy sudah berhasil update efaktur 1.0.0.46 tnp perlu repot datang ke kpp..
    terima kasih ya..

    BalasHapus
  3. Saya masih gagal terus, adapak setelah kita jalankan file ETaxInvoice.exe, akan muncul register ulang apa langsung log in? kalo saya yg muncul register nggak langsung log in, mohon pencerahannya. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cara yang 1. saya sudah coba dan langsung Log in.
      Saat pertama dijalankan memang muncul auto update, ditunggu saja sampai muncul log in.

      Hapus
  4. Terima kasih, sdh bisa kembali.

    BalasHapus
  5. Terima kasih Pak.... akhirnya sdh bisa. kemarin mau download update-nya ga bisa krn banyak yg download.

    BalasHapus
  6. saya sudah coba cara pertama tapi tetap muncul register ulang. mohon pencerahannya pak. terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  7. saya sudah berhasil masuk tapi kok start uploadernya ERROR ETAX-40001 terus,knapa ya??

    BalasHapus
  8. terimakasih pak...sudah running kembali

    BalasHapus
  9. Akhirnya bisa juga update dengan versi 46. Tapi giliran mau upload faktur, malah tidak bisa. Pesan errornya katanya enggak terhubung dengan internet, padahal ini saya lagi curhat di blog ini. Efaktur oooh efaktur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama nih masalahnya sama saya, pas mau upload malah cuman muter-muter di loading proses.

      Hapus
    2. sama ini masalahnya ga bisa upload fp, adakah solusinya bang ??

      Hapus
  10. itu file updatenya brp MB sizenya ?

    BalasHapus
  11. saya udah coba download efaktur versi 46.(karna tidak bisa login ke aplikasi lama) terus diextrac dibuka etaxinvoice.exe, terus connec ke database, tapi malah ada form registrasi lagi. padahal saya udh copy in db lama ke db aplikasi baru. solusinya gimana ya?

    BalasHapus
  12. Terima kasih infonya sangat membantu..sudah normal kembali..

    BalasHapus
  13. untuk file ETaxInvoice.exe , ETaxInvoiceMain.exe , ETaxInvoiceUpd.exe yang sudah saya download dr link yg saudara berikan apakah ditimpa dengan file sebelumnya ?

    BalasHapus
  14. saya sudah update ke versi terbaru tp kenapa pas mau log in user sama password nya salah terus padahal yang saya masukkan sudah benar.

    BalasHapus
  15. bila sudah mendapatkan update terbaru, sebaiknya jangan ditimpa di folder yang sama. lebih baik di folder yang lama. bila ditest runing berhasil, baru folder db di folder aplikasi yang baru dihapus dan digantikan dengan folder db dari aplikasi yang lama.
    mengenai kegagalan upload, saat itu server sedang down, sekarang sudah normal.
    setidaknya itu yang saya alami

    BalasHapus
  16. Hari ini mau upload efaktur ga bisa ya?

    BalasHapus
  17. bagaimana solusi apabila username dan pasword lupa

    BalasHapus
  18. saya sudah coba cara pertama tapi tetap muncul register ulang. mohon pencerahannya pak di aplikasi e-faktur ini pak. terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  19. Apakah saat ini sistem sedang down? udah beberapah hari ini saya tidak bisa upload faktur pajak. Tertulis ETAX40001 tidak terhubung server, padahal koneksi internet baik-baik saja.

    BalasHapus
  20. Coba bawa ke KPP aja Pak, pake internal network KPP

    BalasHapus
  21. setelah berhasil update, data faktur tahun 2016 malah hilang, yg ada data faktur 2015, kalau harus ngisi satu persatu lagi bisa begadangan tiap mlm, mohon solusinya?

    BalasHapus